Sepenggal Cerita Masyarakat Sosial

Selasa, 25 Juli 2017

Sebuah Puisi "Katakan dengan Bunga"


Pesta teh orang gila (lengkap dengan flamingo), bunga es dan nyala api berdiri di churn susu tua (jenis yang biasa saya lihat di luar gerbang pertanian saat masih kecil), dan pohon penyair dengan daun kertas menunjukkan ekstrak dari puisi. (Blake, Wordsworth, Heaney dan lain-lain).

Ini adalah beberapa pertunjukan di festival bunga desa kami akhir pekan lalu. Tambahkan ke dalam campuran standar pembuatan roti WI yang tinggi, taman terbuka yang indah, band kuningan Perbatasan, angin kencang, hujan deras.

Sekolah, pembibitan, kelompok bermain, enam gereja dan organisasi lokal dari desa-desa Northern Fells semuanya dipajang. Kelompok berputar, kerajinan, seni, berjalan dan buku semuanya terwakili.

Saya ditugaskan untuk menulis sebuah puisi - brief saya adalah judul festival: "Merayakan gereja dan komunitas kita dalam warna" (tidak ada tekanan saat itu!). Saya memasukkan sebanyak mungkin nama bunga dalam puisi itu semampu saya (memeriksa buku-buku bunga liar dan kebun saya untuk melihat apa yang akan terjadi pada musimnya). 

Saya senang menemukan bahwa mereka telah dimasukkan ke dalam display (saya terus membunyikan mereka dari daftar). Foxgloves sangat berhasil. Entah bagaimana, seekor lebah terbawa masuk dan terus mengumpulkan nektar di gereja tempat bunga-bunga itu dipajang.

Ini bukan saat yang mudah selama beberapa tahun terakhir di komunitas kami tapi festival ini nampaknya merupakan titik balik, membawa orang-orang dari segala umur bersama. Saya ingin menyampaikan ini dalam puisi, yang dicetak dalam program festival dan yang saya baca di acara penutupan.

Sebuah festival bunga
  
Kumpulkan dalam pelukanmu
Warna karnaval mereka -
Poppy dan cornflower
Foxglove dan lupa-aku-tidak
Iris, aquilegia, alyssum

Hirup aroma itu
Anyelir, honeysuckle, melati,
Gosok lavender dan mint
Antara jari dan ibu jari,
Rasa daun nasturtium yang pedas

Merayakan nuansa mereka
Api dan es,
Fajar dan terbenam,
Kilau emas dan perak,
Blues langit
Dan ungu laut

Bersukacita dalam festival ini -
Biarkan mawar berbagi cinta kita,
Bunga lili membawa kita kenyamanan,
Aster memberkati anak-anak kita
Dan rahmat rosemary
Mengingat kita