Sepenggal Cerita Masyarakat Sosial

Senin, 24 Juli 2017

Saya Tumbuh Bersama Musik di Sekitar Saya (Bagian 2)

Ilustrasi
Ibu menikmati nyanyian anak-anaknya dan biasanya hadir untuk mendengar semua pujian yang diberikan pada mereka. Adikku, Gay, dan aku biasanya hadir juga. Meski saat itu kami masih sangat muda, saya mengerti kehormatan untuk menjadi kerabat bagi para pemuda ini.

Saya tidak berpikir ada pernah ada pemikiran untuk membuat bernyanyi karir untuk mereka. Dalam keluarga kita, seni dalam bentuk apa pun hanyalah sebuah hobi, bukan cara yang masuk akal untuk mencari nafkah. Saudara laki-laki saya bernyanyi di atas panggung bersama kelompok Injil teratas pada zaman mereka, Kuartet Amerika Serikat, dan yang lainnya pada masa itu. Beberapa Negarawan dapat dilihat di pertunjukan musik gospel Gaither di televisi.

Saudara-saudara akhirnya pindah ke musik populer hari ini. Saya ingat mereka bernyanyi, Matahari Tua yang Beruntung, Kebahagiaan Saya, dan lain-lain yang saya dengar di radio. Mereka menyanyikan beberapa lagu Pons of the Pioneers. Cool Water adalah favorit penonton. Mereka memilih lagu yang memungkinkan perpaduan suara keluarga mereka.

Saya tidak ingat kapan saya tidak mendengar mereka bernyanyi, dan saya selalu menikmati latihan mereka di rumah kami dimana kami bisa mendengarnya. Pria dan wanita yang berbeda keluar dan menemani mereka di piano tegak ibu. Saya berumur lima tahun lebih muda dari kakak laki-laki yang paling muda, Rex, jadi saat berusia 19, saya berumur empat belas, seorang remaja, seusianya saat dia pergi ke Dallas ke sekolah bernyanyi.

Seiring waktu, saudara laki-laki yang menikah, menjadi ayah, bekerja keras untuk mencari nafkah di berbagai bisnis. Mereka jarang bernyanyi bersama lagi. Dua dari istri membuat keributan, saya pikir, tentang suami mereka meninggalkan mereka di rumah saat mereka bertemu dengan saudara mereka untuk bernyanyi. 

Tapi Max tidak akan menyerah bernyanyi kapan pun dia punya penonton. Istrinya, Salita, memiliki suara alto yang indah sehingga suami dan istri mulai bernyanyi di gereja dan panti jompo dengan seorang teman, Jerry, bermain gitar. Mereka dalam permintaan selama beberapa tahun. Meski Salita menderita demensia sekarang, dia bisa menyanyi dan mengingat kata-kata itu pada lagu-lagunya yang dia dan Max nyanyikan sejak lama. (bersambung)