Sepenggal Cerita Masyarakat Sosial

Selasa, 25 Juli 2017

Puisi Typewriter Terakhir dari Wales


Pabrik Brother di Wrexham membuat mesin tik terakhir pada hari Selasa lalu dan menyumbangkannya ke Museum Ilmu Pengetahuan. Bukan hanya mesin tik terakhir yang bisa dibuat di Wales tapi mesin tik terakhir bisa dibuat dimanapun di Inggris. Saya terkejut membaca ini dan mengira produksi mesin tik akan berhenti beberapa dekade yang lalu. 

Saya merasa senang bahwa ada orang yang menggunakan mesin tik karena kebiasaan, kerahasiaan, keras kepala atau ekonomi. Saya berharap mereka akan terus bisa mendapatkan pita baru dan memanjakan kebiasaan menunda seperti membersihkan kunci dengan blu-tack dan membersihkan sisa kotoran dengan kuas yang bagus. Di suatu tempat ada penulis masih mendengar cincin sepeda peringatan bel yang mengatakan bahwa mereka telah sampai pada akhir baris dan tidak dapat melangkah lebih jauh.

Saya masih memiliki mobil kuno (Litton Imperial) yang sebentar dibawa keluar dari masa pensiun sekitar tujuh tahun yang lalu untuk mengetik pengajaran sambil tangan selama pemotretan selama seminggu. Saya melihatnya mengumpulkan debu di sudut studi saya dan bertanya-tanya apakah Oxfam akan menerimanya.

Awal bulan ini, Valerie Eliot, istri kedua T S Eliot meninggal. Dia adalah sekretaris juru ketik dan sekretaris T S Eliot. Salah satu prestasinya yang hebat adalah membebaskan draft asli dari The Waste Land. Setelah kematian Eliot, bukunya hilang di Perpustakaan Umum New York. Pada tahun 1971, Valerie Eliot menerbitkan faksimili dan transkrip naskah asli The Waste Land, yang menunjukkan bagian penting yang dimainkan oleh Ezra Pound dalam mengedit dan merevisi gagasan asli Eliot.

Kapan terakhir kali Anda melihat iklan pekerjaan untuk juru ketik singkat? Namun bagi jutaan wanita di abad yang lalu (termasuk ibu saya) itu adalah pekerjaan mereka sehari-hari.

Salinan

Hanya di sana - mesin tik hitam besi -
Remington dengan huruf emas. Debu antara tombol -
Filamen kertas, sel kulit, rambut, benang
Dari baju utilitas Aku ingat pakaiannya -

Kupon membeli baju-waister, kardigan rajutan,
Jahitan lurus di stokingnya yang sudah terkenal,
Aroma lavender Yardley. Sepertinya saya klik
Salin file ini dan semua halaman yang pernah diketiknya

Datang terbang melintasi ingatanku, surat-suratnya
Abu dengan umur, asam kertas kuning.
Jemarinya menempel di kunci rumah;
Saat ia menyentuh kilatan berlian,

Terbungkus emas putih. Kelopak pita
Dan unspools sampai memakai kain compang-camping.
Dia adalah juru ketik konser keyboard,
Rambutnya yang bobrok menjadi gelombang permanen ke masa lalu.