Sepenggal Cerita Masyarakat Sosial

Senin, 24 Juli 2017

Inilah Sebuah Kisah Hidupku yang Menarik

Ilustrasi
Kita semua memiliki kisah hidup. Kisah hidup adalah kisah pribadi saya tentang semua kejadian dan pengalaman penting yang telah berkontribusi pada saya menjadi diri saya sekarang. Karena kisah hidup saya menjelaskan bagaimana saya menjadi siapa saya memainkan peran penting dalam membentuk cara saya mendefinisikan (dan merasakan) diri saya sendiri.

Sepanjang hidup, kita mengumpulkan banyak pengalaman, yang sebagian besar kita tidak memiliki ingatan atau ingatan. Otak kita tidak mungkin menyimpan catatan rinci tentang setiap saat terjaga setiap hari kita hidup. Dengan demikian, harus disaring dan diprioritaskan untuk menentukan pengalaman yang harus dilestarikan dan mana yang harus dibuang. 

Untuk alasan ini, kisah hidup pribadi saya - narasi diri saya - terdiri dari kejadian yang saya anggap penting (dan yang saya anggap penting). Arti yang saya sebutkan pada acara tertentu terdiri dari kesimpulan yang saya sampaikan tentang mengapa kejadian tersebut terjadi dan bagaimana hal itu mempengaruhi saya. Artinya sangat subjektif. 

Jika ada orang lain yang diminta untuk memilih peristiwa paling penting dalam hidup saya, orang tersebut mungkin membuat narasi yang berbeda secara signifikan dari yang saya adopsi.

Ketika pasien pertama kali datang ke saya untuk terapi dia menceritakan sebuah cerita. Ceritanya menjelaskan, "Ada apa?" Dan kadang-kadang "Bagaimana keadaan menjadi seperti ini?" Seringkali, ceritanya terus berlanjut selama beberapa sesi sampai akhirnya saya mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang bagaimana orang ini mendefinisikan dirinya sendiri. 

Misalnya, satu pasien baru-baru ini meringkas tema kisah hidupnya sebagai berikut: "Semua orang yang pernah saya sayangi telah meninggal atau mengkhianati saya. Segala sesuatu yang pernah saya capai telah diambil dari saya oleh orang lain." Ringkasan singkat ini berbicara banyak. Ini memberitahu saya bahwa pasien tertentu ini menganggap dirinya tidak berdaya terhadap lingkungannya; 

Dia menganggap dirinya sebagai korban keadaan eksternal dan niat buruk orang lain. Pandangan dunia ini menyebabkan dia tidak memiliki harapan bahwa dia akan menjadi korban selain seumur hidupnya. Karena "semua orang" dia telah peduli entah akan meninggalkan atau mengkhianatinya, dia tidak mempercayai siapapun. Hal ini mencegahnya untuk bahkan berusaha menjalin hubungan yang bermakna dengan orang lain.

Kami menyinggung tema yang kami ambil dari narasi pribadi kami saat kami mengatakan hal-hal seperti, "Saya selalu berjuang untuk apa yang saya inginkan. Saya tidak akan menyerah sekarang" atau "Saya selalu sensitif secara emosional, Bahkan ketika saya masih kecil, "atau" Saya telah menghancurkan setiap kesempatan hidup yang pernah diberikan kepada saya. Saya gagal total. "

Sebuah kisah hidup selalu merupakan sebuah karya yang sedang berjalan. Kita selalu dapat memilih untuk menambahkan anekdot yang sebelumnya terlupakan yang mengungkapkan kekuatan batin kita. Kita selalu bisa memilih untuk menyoroti kesuksesan dan prestasi kita. Kita selalu bisa menyampaikan kemunduran kita dalam hal apa yang kita pelajari dari mereka. 

Ada banyak cara untuk menceritakan sebuah dongeng - bahkan kisah yang sama. Ketika kita menyusun narasi pribadi kita, kita bisa memutuskan kejadian mana yang cukup penting untuk disertakan. Kita bisa menghubungkan titik-titik itu dan menarik kesimpulan kita sendiri. Dengan cara ini, kita diberdayakan untuk menentukan bagaimana kita ingin mendefinisikan diri kita, yang pada gilirannya membentuk harapan dan harapan kita untuk masa depan.